Pakaian wanita, khususnya blouse memiliki kerentanan saat dicuci. Meski dengan kualitas bahan yang sangat baik sekalipun, tetap harus berhati-hati saat merawatnya. Apalagi busana ini menjadi yang favorit dari semua koleksi di lemari.

Kamu harus ekstra berhati-hati dalam merawat baju kesayangan. Nah, simak cara merawat blouse wanita berikut dengan tepat!

1. Jangan Sering Mencuci Blouse

Pakaian wanita yang satu ini jangan terlalu banyak dicuci. Pencucian yang terlalu sering akan membuat kain mudah rusak dan warnanya memudar. Meski kualitas bahan yang digunakan sangat baik, tetap saja pencucian yang terlalu sering memiliki risiko yang cukup besar.

Setelah digunakan dalam waktu yang singkat, pakaian ini akan lebih baik digantung dengan cara diangin-anginkan. Beberapa hari setelahnya, bisa digunakan kembali tanpa harus dicuci.

2. Cuci dengan Tangan

Menggunakan mesin cuci untuk mencuci dress ini akan sangat berisiko. Apalagi jika dicuci bersamaan dengan pakaian lainnya. Mesin cuci akan mudah memberikan kerusakan pada baju. Selain itu, ada kemungkinan warnanya lebih cepat memudar, atau malah menyerap warna dari pakaian lainnya.

Cara mencucinya juga jangan menggunakan deterjen yang kuat. Cukup gunakan pewangi saja. Kemudian, kucek blouse secukupnya saja.

3. Jangan Dilipat Saat Menyimpannya di Lemari

Gunakan gantungan saat menyimpannya di lemari. Ketika melipat blouse akan membuat garis-garis lipatan yang bisa merusak baju.

Kecuali jika dress tersebut terbuat dari bahan rajut atau wool. Dua jenis bahan pakaian ini tidak akan menyisakan lekukan saat dilipat.

4. Gunakan Gantungan dengan Ukuran yang Pas

Saat menggunakan hanger atau gantungan pastikan menggunakan ukuran yang pas. Dengan ukuran yang pas tersebut, kamu tidak akan merenggangkan baju, sehingga membuatnya melar.

Namun, jika tidak ada gantungan yang pas, hati-hatilah saat menggantungnya. Masukkan hanger dari bawah baju, kemudian tarik ke atas. Selain itu, gunakan gantungan yang memiliki bahan lembut.

5. Gunakan Plastik Saat Menyimpannya

Pembungkus plastik yang digunakan dalam menyimpan baju ini akan mempertahankan warnanya. Selain itu, bungkus plastik ini juga akan membuat baju terhindar dari jamur dan debut.

Itulah cara merawat blouse agar awet dan selalu terlihat baru. Perawatan yang tepat tentunya akan membuat baju favorit bisa digunakan sampai kapanpun, tanpa harus takut warna memudar.

By zizi